persahabatan dan cinta

aku tidak tau harus memulai cerita ini dari mana. kisahku ini dimulai sekitar tahun lalu tepatnya tgl 5 april 2012. saat itu sahabatku cici ulantahun. kami yang memang sudah kenal sejak sekamar dipesntren kilat dan sekampus sampai pada akhirnya dia pindah kampus dan kami tidak ada komunikasi kembali. tapi tiba tiba kami berkomuniksi kembali ketika merayakan ulantahun ke 20 cici. cici yang saat itu mengajak aku untuk karokean dan aku harus mengajak seorang cowok untuk teman ngobrol teman cowo cici yang bernama mamank. aku bingung entah harus mengajak siapa, semua cowo yang aku kenal tidak bisa ikut bahkan pacarku sendiri tidak bisa meninggalkan tugasnya.

tidak ada jalan lain pikirku, aku harus mengajak kak ivhal kataku dalam hati, sambil mengambil handphone aku mengetik pesan yang isinya “kak ivhal karokean yuks, tenang aja gratis kok,  sekalian ajakin kak risman” kemudian akumengirim pesan itu ke phone book yang bernama “kak ivhal” tidak lama kemudian balasan dari kak ivhal muncul dan dan bertanya dimana. kemudian kami menyetujui suatu tempat untuk kami karokean.

disitulah awal kisah kami. aku, cici, kak risman, kak ivhal, dan ade mamank. kami jadi sering kumpul dan nongkrong, hunting ke segala penjuru yang ada dimakassar. sampai pada akhirnya aku dan risman jadian tgl 14 juni 2012. saat itu dia meminta aku untuk jadi pacarnya lewat twetter, konol sekali rasanya. padahal saat itu aku sedang tidur disampingnya. hmmm saat itu kami sedang perpisahan. cici yang pacaran dengan ade mamank sedang merayakan perpisahan dan nginap di kotskotsan kak risman. saat itu ade mamank akan liburan kliah ke jayapura makanya kami nginap di kotsannya kak risman. entahlah sebenarnya aku sendiri tidak mengerti kenapa risman tiba tiba meminta aku jadi pacarnya. yang jelasnya aku tau kalau aku sangat sayang dengannya. begitupun dengan kak ivhal, ku sayang dengan mereka berdua. yah sayangku itu sayang seperti seorang adik sayang dengan kakaknya.

aku tidak tau perasaanku,  yang aku tau aku bahagia malamitu. sampai pada akhirnya hubungan kami berdua semakin jauh tapi kami terus menerus menutupi dari mereka bertiga tentang hubungan kami. semakin hari aku semakin sayang dengannya, bukan, bukan sekedar sayang. tapi aku benar benar cinta dengannya. tidak pernah aku merasakan perasaan sedalam ini sebelumny terhadap lelaki yah aku sadar aku begitu cinta sampai pada akhirnya kami putus karna ke egoisanku. risman putuskan aku, saat itu aku tidak tau diri, aku lepas kontrol, rasanya sakit ketika aku benar benar cinta tapi aku tidak bisa mempertahankannya.

kemudian kami berhasil kembli lagi, cintaku padanya tidak bisa aku ungkapkan dengan kata kata. sering dia bilang cinta padaku tapi aku tidak ernah bilang cinta padanya. karna aku mencintainya langsung dari hatiku, tanpa kata kata.

tanggal 17 oktober rencana kepulangannya kenunukan, yah aku tau dia akan meninggalkan aku. setelah selesai wisuda dia akan kembali ke tempatasalnya di kalimantan. 10 hari sebelum keberangkatannya aku berusaha menciptakan berbagai kenangan bersamanya, berharap jika sewaktu waktu aku kangen padanya aku akan mengingat semua kenangan yang kami buat bersama. aku menghabiskan sisa waktu kuliahku bersamanya. aku berusaha membahagiakannya, membuatnya tersenyum, tertawa, aku memperhatikan semua geraknya, tingkahnya. ketika dia tertidur dipahaku aku menatap wajahnya, ketika kami erpandangan aku menatap dalam matanya dan berkata dalam hati betapa dalam cintaku untuk mu, aku rela kamu pergidan aku akan menunggumu sampai kamu kembali untukku. kami berdua punya permainan SOS aku selalu berusaha curang main dengannya, aku selalu membuatnya jengkel terhadapku setiap kami bermain itu sengaja aku lakukan untuk membuat kenangan kami.

sehari sebelum keberangkatannya entah apa yang membuat kami cekcok, dan aku langsung pulang. di perjalanan aku menerima pesan darinya ” nur aku minta maaf karna sampai detik terakhirpun aku tidak bisa membuatmu bahagia” aku yang sedang mengendarai motor saat itu membaca pesan darinya meneteskan air mata, rasanya sakit ketika aku harus menghadapi kenyataan berpisah jarak yang sangat jauh dengan orang yang aku cintai. aku kemudian menghapus air mataku.

keesokan harinya sepulang kuliah aku langsung ke kotsannya membantunya packing dan ersih besih, aku berusaha tegar tidakmeneteskan airmata padahal dalam hati aku hancur. kemudian malamnya kami perpishan, sayangnya saat itu cici tidak ada. kami karokean sampi jam 2 dini hari dan dia megantar aku pulang. sampai dirumah aku melihat status twiteernya dan meneteskan air mata, saat itu airmataku tumpah, rasanya sakit sekali, aku teriisak kencang sampai akhirnya aku tertidur dengan linangan air mata.

keesokan harinya aku menerima pesannya ” jam berapa kamu kesini ? aku nitip dibelikan nasi bungkus dong untuk sarapan aku sebelum aku berangkat”

aku yang saat itu sedang tidak ada uang sama sekali bingung. aku kemudian berteriak ” bagaimana bisa aku beli nasi bungkus sementara uang yang aku punya saat ini hanya duaribu rupiah ?” kemudian aku meneteskan air mata.

aku mengumpat diriku sendiri, pacar macam apa aku ini ? dihari terakhir kami aku bahkan tidak bisa memberikannya apapun. aku kemudian kehanisan akal. kemudian aku membongkar semua tas yang ada dilemari dan mengumpulkan recehan limaratus rupiah satupersatu. sampai pada akhirnya terkumpul delapan riburupiah. dalam hati aku berteriak, ini delapanribu mana cukup ? aku kemudian membongkar semua tempat tempat yang sering akugunakan untuk menyimpan koin dan berhasil terkumpul sepuluhribu rupiah.

aku berangkat menuju kotsannya dan singgah untuk membelikannya nasi bungkus dengan uang recehan tadi. ada rasa malu dalam diri ketika aku mengambil nasi bungkus dari tangan penjual dan memberikannya uang sebanyak sembilanribu dengan uang recehan. penjual nasibungkus itu menatap aku sesaat, tapi dengan cepat aku menepis tatapan si penjual nasi bungkus dan buru buru aku pergi dengan mengendarai motorku. diperjlanan aku berkata ” tenang saja, toh kamu juga tidak akan beli nasi bungkus disitu lagi biarlah”

sampai dikotsannya aku mendapati kamar yang tadinya penuh barang barang mendadak kosong, dalam hati aku sedih tapi buru buru aku memberikan makan itu padanya dan melihatnya makan sampai nasi bungkuyang aku belikan habis. tidak lama kemudian kak ivhal datang dan risman pergi ke  atm untuk mengambil uang selama diperjalanan nanti. di kamar aku berdua dengan kak ivhal, kami  cerita cerita awal kami ketemu sampai kami musuhan dan ketumu kembali. aku melihat mata kak ivhl berkaca kaca karna sebentar lagi sahabatnya akan pergi, aku tidak than lagi menahan air mataku. akupun segerabangkit beerdiridan menuju wc kemudian memutar kerang  air agar menimbulkan suara bising dan aku menangis terisak, kemudian aku sengaja cuci muka agar tidak kelihatan sperti orang sudah menangis.

kami pun berangkat untuk mengantarnya ke terminal, aku dan risman boncengan sementara kak ivhal bawa barang barang, diperjalanan kami berdua hening, entah apa yang dia fikirkan yang jelas  sepanjang perjalanan aku meneteskan air mata. sampai diterminal kami mendapatkan mobil dan menunggu sampai mobilnya akan berangkat. kamipun duduk sambil berteduh di depan kios sambil berfoto foto. kemudian salah seorang datang menghamipiri kami dan berkata mobil akan berangkat, kami bertiga jalan menuju mobil tersebut. sampai dekat mobil risman kemudian salaman dengan kak ivhal sambil memeluknya dan mengucapkan kata perpisahan. kemudian dia datang  menghapiriku danmemelukku an berkata jaga diri baik baik dan langsung naik ke mobil, aku yang tidak bisa menahan air mata sejak tadi bersembunya di balik helem dan tutup mukaku sambil bersembunya dibelakan kak ivhal sambil metanap mobil itu pergi aku terus melambaikan tangan sampai mobil tadi tidak lagi di pandanganku. kemudian kak ivhal buru buru menancap gas motornya dan meninggalkanku berdiri kaku dipinggir jalan. kemudian aku menyusul pulang disepanjang perjalanan aku meneteskan  air mata, rasanya aku ingin teriak tapi tidak bisa, terlalu sakit jika aku harus mengeluarkan kata kata.

semenjak kepergiannya aku jadi malas ke kampus, aku tidak punya semangat kuliah, aku yang tadinya ceria mendadak murung, dan mataku selalu lembab. tiap malam aku meneteskan airmata dan tertidur dengan linangan airmata dan terbangun dengan bekas air mata. rasanya hidupku hampa, aku seperti berjalan sendirian di bumi. setiap tempat, dimanapun aku pergi, kemanapun, tiap langkahku selalu ada dia. aku jadi sering di tabrak, atau menabbrak gara gara aku berkendaraan dengan tatapan kosong. kadang kadang jika aku merasa sangat kangen aku berkunjung di kotsannya hanya sekedar lewat dan melihat kamarnya dari jauh,apakah sudh ada penghuni bari atau belum.

belum cukup dua bulan kepergiannya tepat pada tgl 9 desember jam 12 malam aku menerima pengakuannya dari BBM bahwa dia tidak bisa lagi bersamaku, aku yang tidak bisa dia bawa ke hubungan yang lebih serius, dia yang orang tuanya terlalu menekannya soal jodoh, aku yang dengan antusias sangat cinta dengannya, sedangkan dia tidak mengerti dengan perasaanaya yang erubah ubah. dan aku yang terlalu berharap padanya sedangkan dia tidak bisa bersamaku. aku tidak mengerti dengan semua ucapannya. dia yang dengan tegas mengatakan padaku bahwa dia mencintaiku dan dia ingin bersamaku lebih lama lagi aku sama sekali tidak mengerti.

aku yang tidak bisa berbuat apa apa lagi hanya isa pasrah, perasaanku hancur, aku yang sudah ditinggalkan saja sudah merasa hancur, apalgi aku dan dia sudah tidak punya status apa apa. dia dengan gampangnya berkata hubungan kami berdua dikembalikan seperti sebelum kami pacaran. dia  tidak mengerti, terkadang melakukan sesuatu itu tidak segampang kita mengucapkannya.

aku gila, yah gila, kenapa aku mengatai diriku gila ? aku menyentuh obat obatan dua hari setelah kami putus, aku minta bantuan temanku anak hukum untuk mencarikan aku obat penenang, dia berhasil mendapatkan aku 50butir destro, aku meminum destro 10 butir perhari tp tidak mempan dan tidak berhasil membuat perasaanku tenang. sampai pada akhirnya temanku memberikan aku oabat penenang aku lupa namanya apa yang jelasnya obat itu hanya dibunakan bagi orang yang menderita gangguan kejiwaan. temanku menyarankan aku meminumnya hanya 3kapsulperhari, tapi aku meminumnya sekaligus 5kapsul. sampai pada akhirnya aku tidak sadarkan diri dikamar kemudian aku terbangun dengan kepala yang sangat berat, dan memaksakan diri untuk turun mengambiil air minum dan jengjreng jreeeeeenggggg aku terpeeset di anak tangga dan terjatuh sampai ke ujung tangga hingga tidak sadarkan diri. aku terbangun ketika aku merasakan nyeri di tangan kanan, dan ketika aku membuka mata aku menyadari kalau aku sedang dirumah sakit.

dokter yang menangani aku bertanya keluhan yang aku rasakan ketika dia tau aku sudah sadarkan diri, kemudian dia berkata ” jangan sekali kali minum obat melebihi dosis kalau masi mau hidup ” aku kaget dan tersnyum miris kepada dokter dan berkata ” dokter jangan bilangbilang keluargku mengenai hal ini” kemudian dokter itu tersenyum dan prgi, dalam hati aku meras khawatir, jika dokter tadi memberitahukan hal itu kepada keluargku habislah aku.

bulan bulan pertama setelah kami putus aku masi sama. aku rasanya seperti sombie yg sedang patah hati, tiap hari aku terbangun dengan bekaslinangan air mata, tiap malam aku mimpi besama bahagia dengannya tp pada kenyataannya aku terbangun dengan bekas linangan air mata di pipi. aku tidak tah kagi dengan semuanya, setiap sudut kota makassar ada kenangan kami berdua. aku memutuskan untuk berlibur di kota aku dibesarkan kolaka sulawesi tenggara, aku berusaha menghibur diriku, selama akudikolaka aku sudah mulai tersenyum dan tertawa lagi, sejenak aku melupakan kesedihanku, melupakan rasasakit yang ad di hatiku, aku berusaha menata kembali hati ku yng sudah hancur melebihi kepingan puzle. disana aku mulai kembali ngecengin cowo cowo dan jalan dengan mantan mantanku. tapi tetapsaja setiap aku terbangun aku mendapatkan  pipiku dengan bekas linangan air mata. pada akhirnya aku menyadari bahwa aku menangis dalam tidurku. menangisi kisah cintaku, menangisi diriku yangbegitucinta terhadap sosok seorang risman tapi dia tidak bisa menpertahankanku, sementara ada orang lain yang mati matian ingin memperjuangkan cintanya demi kembali bersamaku tapi aku dengan tegasnya menolak. berharap risman akan meminta aku kembali padanya  sampai dua bulan kami putus dan seterusnya tidak ada tanda tanda kami akan kembali lagi.

setiap bulan pada tanggal 10 aku mengitung, sampai pada akhirnya aku merasakan sakit luar biasa. saat itu aku akan melaksanakan sholat isha pada jam 9 mlam. tapi sebelum aku mengambil air wudhu aku iseng isengbuka facebook aku dan aku kemudian aku mengambi air wudhu. setelah kembali dikamar aku mengambil bb yang aku letakkan di ranjangdan mulai membaca baca status teman fb. kemudian aku mendapatkan risman sedang upload foto berisi percakapannya dengan pacar barunya. di percakapannya melalu via bbm itu mereka saling mengucapkan kata i love you syg, an i love you to. aku yang membacanya spontan menjatuhkan bb dari tanganku dan tanpa embel embel lagi aku kemudian melaksanakan sholat isha. disepanjang sholatku aku terus meneteskan air mata dan pada sujut terakhir aku terisak saking perihnya, sakitnya hatiku. kemudian aku langsung berdoa ” ya allah jika memang dia jodohku, mohon berilah kami jalan agar kami bisa bersama, dan kalau memang dia bukan orang yang engkau jodohkan untukku mohon bantu aku melupakan perasaan cintaku padanya. rasanya aku tidak sanggup lagi menahan rasa sakit karna mencintainya ya allah” sebelum aku mengucapkan kata amin aku mendengar bbku berbunyi pertanda ada bbm. kemudian aku menghapus air mataku dan mengatur nafas melepaskan mukenah yang aku kenakan dan mengambil bb yag terjatuh dan aku naik ke ranjang kemudian aku membuka pesan bbm ternyata dari dia. kami yang sudah hampir 10 hari tidak ada komunikasi tiba tiba dia mengirimi aku sebuat bbm ” hai nur ap kabar ” kemudian aku menjawabny singkat, setip pertanyaannya aku jawab tnpa pernah bertanyakembali.

aku kemudian menghapus dia dari tampilan utama bbmku dan mengganti nama aslinya kembali kemdian mengganti wallpeper fotonya menjadi foto ku sendiri. aku kemudian menekan tombol  delet nmanya di kontak bbmku tp aku batalkan. rasanya aku ingin meremove dia dari facebook dan twetter.

entah kenapa setelah itu kami jadi lancar komunikasi, dan dia berncana ingin kembali ke makassar dengan alasan ingin melanjutkan kuliah s2 nya. dia tiba di makassar tepat 30 april dan kami ber4, aku, cici, dia dan kak ivhal langsung nonton. awalnya aku merasa canggungdengannya tapi aku berusaha menutupi perasaanku. aku rasanya ingin sekali memeluknya tapi tidak mungkin. keesokan harinya aku dan dia jalan bareng rasanya canggung ketika kami dia mulai membahas masa lalu, aku sepertiditikam. tapi dia sama sekali tidak mengerti, bahkan dia sama sekali tidak peduli dengan perasaanku. kemudian aku mendapatkan kado paling istimewa selama hidupku. aku mendapatkan kejutan ulantahun dari mereka. rasanya aku seperti mimpi bisa merayakan ulantahunkebersamanya. dan sejak saat itu tidak ada lagi canggung di antara kami berdua. aku menghabiskan waktuku bersamnya. aku kadang kadang merasa ingin mencacinya ketika dia masi bertanya hal yang pada kenyataannya dia tau jawabannya tapi masi dipertanyakan olehnya. kami berempat selalu nongkrong, hunting, jalan kemanapun. aku dan cici sering nginap dirumah kak ivhal, kami tidur bareng.

rasanya lucu ketika kak ivhaldan ciciselalu mengejek kami berdua pacaran, dan kami berduaselalu menyangkalnya. sampai pada tepatnya semalam tgl 7/6/13 aku dan cici nginap dirumah kak ivhal utuk kesekian kalinya. tapikali ini kami tidak tidur berempat. cici tidur bersama kak ivhal di dalamkamar sementara aku dan risman tidur diluar. risman yang tadinya sakit langsung tertidur pulas pengaruh obat yang aku suru minum. kemudian aku yang bosan main game kemudian tertidur lelap disampingnya. paginya aku dibangunkan dengankak ivhal yang akan berangkat keluar kota. dan setelah dia pergi cici bercerita  kepada kami bahwa mereka berdua telah pacarandan aku mengucapkan selamat padanya. kemudian cici yang tadinya mengira kami berdua pacaran berkata ” bukankah kalian berdua memang telah jadian ” kami berdua serentak menjawab kami tidakpacaran. kemudiancici memaksa kami untuk jadian.

dalam hati aku berkata ” cici, kamu memaksa kmi untuk jadian padahalkami sudah putus 6bulan yang lalu. ” kemudian aku hening, aku memang sangat mencintainya tapi biarlah perasaanku ini aku pendam. karna sampai sat ini aku bahkan tidak tau terasannya kepadaku seperti apa. aku bahkan tidak tau apa modus sebenarnya dia datang kembali di kehidupanku. padahal aku sudahmerasa nyaman hidup dalam bayang bayang kenangankami berdua.

kemudian cii kembali ke kamar untuk melanjutkan tidurnya dan aku kembali berbaring di tempatku dan risman berbaring di sampingku. kamu berdua berhadapan, dia kemudian memelukku dan aku memegang wajahnya. aku memang sejak dulusangat senang memegang wajahnya. aku menatap dalam ke matanya dan bertata dalam hati

“tidakkah kamu tau betapa dalam perasaanku padamu ? tidakkah kamu mengerti semua sisa waktuku aku habiskan hanya untukmu  ? tp apa yang  qm beri untukku ? hanya rasa sakit terus menerus, ucapanmu, makian mu, kata katamu untukku semuanya tersa seperti membunuhku. tingkah kasarmu padaku semuanya menyakitiku. tidakkah kamu sadar cintaku heh ? belum pernah aku mencinta sebelumnya seperti aku mencintaimu. dan tidak akan ada orang yang mencintaimu seperti aku mencintaimu”

aku terus menatap dalam ke matanya rasanya peraaanku yang tadinya mulai utuh kembali menjadi kepingn puzle ketika menyadari dia tidak peka sama sekali dengan perasaanku. aku ingin menghentikan semua ini, ini menyiksaku. tapi aku tidak bisa karna aku mencintainya.

ya allah apa yang harus aku perbuat dengan cintaku ini ?

sementara mereka semua mendoakan kami berjodoh

Tinggalkan Balasan

