STRAEGI PENGEMBANGAN DAN KEWIRASWASTAAN

A ) Perangkat Hukum
Indonesiasebagai negarahukum , maka sebelum kita melangkah lebih jauh untuk memulai suatu usaha atau proyek , terlebih dahulu kita meninjau aspek hukumnya . ada 6 hal pokok yang perlu diperhatikan dan du uraikan/jelaskan dalam aspek hokum ini , yaitu :
a)    Apakah jenis proyek tersebut adalah proyek yang tidak dilarang atau dibatasi oleh pemerintah
Sekarang ini pelarangan / pembatasan  pemerintah bagi keberadaan suatu proyek pada suatu tempat dan waktu tertentu banyak dipengaruhi pengaruhi oleh factor lingkungan .Sebuah proyek yang menimbulkan banyak pencemaran , baik dalam bentuk padat ,  maupun dalam bentuk cair dan gas . Dengan sendirinya tidak dipekenankan didirikan ditengah-tengah pemukiman penduduk .Begitu pula proyek yang merusak lingkungan .
b)    Bagaimana status / bentuk badan hokum dan pengelolannya
Di Indonesia status pengelolaan dapat dibagi kedalam
1)    Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMP)
a.Persero (badan usaha milik Negara )
b.Perusahaan Daerah(badan usaha milk daerah)
2) Badan Hukum Swasta
a) perseroan terbatas
b) perseroan komanditer
c) badan hukum perorangan
d) yayasan dan usaha lain-lain
3) badan hukum koperasi
a) bentuk
•    Koperasi primer
•    Koperasi seknder
b)jenis
•    Koperasi simpan pinjam
•    Koperasi konsumen
•    Koperasi pemasaran dan jasa
C ) Bagaimana pengaturan hak pengelolaannya sebagaimana tercantum pada akta pendirian dan izin-izin yang dimiliki
Kekuatan hukum pemilikan dan atau penguasaan pengelola atas asset yang ada adalah sangt penting karena menyangkut masa depn proyek tersebut . Kekuatan hukum ini lebih penting lagi pada proyek-proyek invstasi jangka panjang dan berskala besar .Kekuatan hukum memiliki dan penguasaan atas asset juga sangat penting bagi pemberi / calon clon pemberi pinjaman  karena karena asset tersebut merupakan objek jaminan .
Salah satu retribusi yang paling umum harus ditanggulangi sebelum berdirinya proyek adalah retribusi untuk pemberian izin bangunan sebagaimana tercantum pada pasal21 huruf c undang-undang no . 18 tahun 1997 . adalah :
“ Tarif Retribusy perizinan tertentu diterapkan sedemikian rupa sehingga hasil retribusi dapat menutupsebagian atau sama dengan perkiraan biaya yang diperlikan untuk menyediakan jasa yang bersangkutan .Untuk pemberian izin bangunan , misalnya dapat dapat diperhitungkan biaya pengecekan dan pengukuran lokasi ,biaya pemetaan dan biaya pengawasan”
Undang-Undang no . 1 tahun 1995 tentang perseroan terbatas ,pasal 56 berbunyi sbb :
“Dalam waktu 5 bulan setelah tahun buku perseroan ditutup direksi penyusun laporan tahunan untuk diajukan kepada RUPS yang memuat sekurang-kurangnya

1)    Perhitungan tahunan yang trdiri dari neraca akhir tahun buku yang baru lampau dan perhitungan laba rugi dari tahun buku yang bersangkutan serta penjelasan atas document tersebut .
2)    Neraca gabungan dari perseroan yang tergabung dalam satu group di samping neraca dari masing – masing perseroan tersbut
3)    Laporan mengenai keadaan dan jalannya perseroan serta sasil yang telah dicapai
4)    Kegiatan utama perseroan dan perubahan selama tahun buku
5)    Rincian masalah yang timbul selama tahun buku yang mempengaruhi kegiatan  perseroan .
6)    Nama anggota direksi dankomisaris
7)    Gaji dan tunjangan lain bagi anggota direksi dankomisaris
Dalam hal laporan tahunan tersebut belum di buat atau sudah di buat tetapi belum memenuhi standar maka selayaknya menyusun study kelayakan terlebih dahulu menyusun laporan tahunan atau setidak-tidaknya membantu sponsor /pimpinan perusahaan menyusun laporan tersebut .Hal ini dimaksudkan untuk  mmpermudah membuat analisis ataujalannya proyek atau perusahaan pada masa-masa yang lalu serta kondisi dan usaha masa kini dan dengan demikian akan mempermudah pula membuat ramalan atau proyeksi masa yang akan datan .

B ) Pemasaran
1)    Kondisi Pasar dan Tata Cara Pemasaran
Pemasaran adalah bagaimana menjual barang produksi dengan tepat , dengan harga yang tepat , di dalam pasar yang tepat , dan harga yang tepat dan pada waktu yang tepat pula . Dapat pula dikatakan bahwa pemasaran  adalah  kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran .
Pemasaran yang berhasil merupakan dasar terciptanya keuntungan yang diperoleh perusahaan .Bagaimanapun baiknya hasil produksi dan bagaimanapun baiknya produksi dan bagaimanapun wajarnya  harga yang di tetapkan tetapi gagal mencapai pasar yang tepat , maka pemasaran dikatakan gagal .
2)    Beberapa Unsur Pemasaran
Pada umumnya ada 5 unsur pemasaran yang perlu dipertimbangkn untuk mencari pasar baru :
a.    Data permintaan/market demand secara keseluruhan ,baik kuantitatif .
1)Data kuantitaf yaitu
a)konsumsi (=impor+produksi+persediaan-ekspor )yang perlu dirinci menurut
1.    Jenis produksi
2.    Sektor-sektor daerah permintaan
3.    Macam/tipe dari pembeli/langganan
4.    Macam/tipe dari pembeli /langganan
b.     Harga-harga yang dibedakan
1.    Harga impor FOB , CIF ,C&F , LANDED
2.    Partai besar eceran
3.    Harga dalam negri dan harga ekspor
Catatan :
Untuk kebutuhan study pemasaran , diperukan informasi tentang harga maksimum , harga minimum dan harga rata-rata selama jangka tertentu secara berurutan  , misalnya 3 tahun
Perkiraan Permintaan Dimasa Datang
(Estimating Future Demand)
Ada 3 ciri utama yang diperlukan bagi suatu perkiraan yang baik , yaitu :
    Ramalan tetang masa yang aka datang hendaknya secermat mungkin dengan menghitungkan segala factor yang ada kaitannya dengan permintaan , misalnya pertimbuhan penduduk , peningkatan tariff hidup masyarakat  peningkatan pendidikan dan lain sebagainya .
    Memperhitngkan seluruh kemungkinan
    Diusahakan bentuk-bentuk perkiraan /perhitungan yang mudah di ikutidalam tahun-tahun mendatang sehingga dengan mudah di adakan perubahan sesuai dengan perkembangan waktu.

Pendapat dari para konsumen
Untuk lebih meyakinkan tentang perkembanga konsumsi sebagaimana tercantum pada statistic konsumsi seperti tersebut diatas juga dibutuhkan survey pasar guna mendapatkan data printr uang mingkin lebih akurat .

DEFINISI DAN RUANG LINGKUP PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan roduksi yang mengelolah sumber-sumber ekonomi untuk menyedikan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan masyarakat .
Sumber-sumber ekonomi
Perusahaan bertugas mengelolah sumber-sumber ekonomi atau sering  juga  disebut sebagai factor-faktor produksi .
Sumber-sumber ekonomi tersebut dapat dikelompokkan ke dalam :
    Manusia (men)
    Uang (money)
    Material(materials)
    Metode (methods)
Seringkali keempatnya dikenal dengan 4M
Manusia disini tidak hanya berperan sebagai tenaga kerja diperusahaan namun juga berperan sebagai konsumen dari produk perusahaan .perusahaan perlu memperhatikan bagaimana cara mengelola tenaga kerja dengan sebaik-baiknya .
Uang  atau modal usaha yaitu sejumlah uang aau barang yang dibeli dengan uang tersebut untuk membuat produk yang lain . untuk itu perusahaan harus mrngusahakan bagimana keuangan perusahaan dapat dekelola dengan cermat .
Material ini sangat berpengaruh sekali bagi kelancaran proses produksi  , sebab merupakan factor pendukung utama dalam proses peroduksi .
Metode yaitu merupakan suatu pelaksanaan kerja produktif misalkan , pengambilan keputusan , pemberian idea tau inisiatif dan pemikiran yang kesemuanya itu menunjukkan agar pengelolaansumber-sumber ekonomi dapat berjalan lancar .
Selain perusahaan ,sumber-sumber ekonomi tersebutdip roses menjadi barang/jasa yang akan ditunjukkan untu k memuaskan kebutuhan konsumen sekaligumemberikan keuntungan bagi perusahaan .untuk mecapai tujuan terebut , diadakan prinsip ekonomi yaitu dengan pngorbanan tertentu diharapkan dapat diperoleh hasil atau keuntungan tertentu .
Hal lain sering kali dihubungkan antara factor-faktor produksi dgambarkan sebagai berikut :

Gambar diatas adalah hubungan antara factor-faktor produksi .

Kewirausahaan adalah suatu profesi yang timbul karena adanya interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikan formal  dengan seni yang hanya dapat digali dari rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek .oleh karena itu seorang wirausahawan melakukan kegiatan mengorganisasikan berbagai factor produksi hingga menjadi suatu kegiatan ekonomi  yang menghasilka laba yang merupakan balas jasa atas  kesediaanya memikul resiko .

Fungsi yang dilakukan wirausaha adalah :

•    Mengidentifikasi kesempatan
•    Mengumpulkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya
•    Menarik investasi / dana dari perorangan atau lembaga keungan .
•    Melaksanakan proses produksi atau perdagangan .
•    Menanggung resiko .

Beberapa  ciri kepribadian dari seorang wirausahawan :

1.    Mempunyai emosi untuk membayarkan keberhasil tujuan usahanya .tujuan usahanya ini bercirikan
a.    Cukup realistis dan Menantang
b.    Mempunyai batas waktu
c.    Dapat di ukur , sukses atau gagal.
Untuk itu seorang wirausahawan aka mencari sebab untuk memper kecil kegagalan kegagalannya dan mencari peluang untuk  kesuksesan .
2.    Berani menanggung resiko , baik resiko sukses maupun resiko kegagalan atau menderita kerugian .
3.    Gigih dan bekerja keras
Ia berpendapat bahwa , usahanya akan tumbuh subur jika banyak mendapatka tantangan dan ia tidak ingin cepat-cepat menikmati hasil usahaya.
4.    Bersamangat dan gisit dalam berusaha .daya kerjanya dan ia tidak ingin cepat-cepat meikmati hasil usahanya .
5.    Ia tidak terikat secara ketat terhadap rencananya jika memang tidak sesuai segera diubahnya .ia berpandangan objektif ,terbuka menerima kritikdan saran

Perusahaan sebagai lebaga social
Telah dikemukakan bahwa perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi untuk menyediakan barang ataujasa bagi masyarakat dengan motif memperoleh keuntungan . unit kegiatan itu sering disebut sebagai lembaga social sperti lembaga social lainnya meskipn memperolehlaba bukan tujuan satu-satunya perusahaan ,tetapi masi terdapat tujua lain salah satunya adalah member kesempatan kerja untuk mengurangi penganguran , kemudian juga untuk meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan jua pterstise
Perusahaan sebagai suatu system
System adalah suatu kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub system yang saling bekerjasama tau saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung ntuk mencapai ujuan tertenu .
Perusahaan sebagai suatu system  , berarti merupakan kombinasi dari berbagai  sumber-sumber ekoomi yng langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu  antara lain kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat
Apabila ditinjau lebih lanjut maka pada dasarnya system perusahaan mempunyai beberapa sifat  :
1.    Sifat kompleks
2.    Sebagai suatu kesatuan /unit
3.    Sifatnya berjenis-jenis
4.    Sifat saling bergantung
5.    Sifat dinamis

Pengertian system dalam organisasi social
Yang dimaksud dengan organisasi social adalah bersifat umum , baik yang menyangkut masalah social , politik ,ekonomi , budaya , keagamaan ,dan sebagaiya .sedangkan yang dimaksud dengan system  ialah suatu kesatuan yang menyeluruh dan terorganisasikan , terdiri aas dua atau lebih bagian atau komponen atau sub system yang dipishkan oleh batas yang dpat diidentifikasikan  dari supra system lingkungan  yang lebih luas .
ETIKA BISNIS
Pengertian Etika Bissnis
Kata etika bersal dari bahasa YUNANI yaitu “ entos”yang mempunyai arti ada ahlak , watak , perasaan , sikap dan cara berfikir atau berarti adat istiadat . dapat dikatakan pula bahwa Etika adalah folsafat tentang nilai –nilai , kesusilaan tentang baik dan buruk . Jadi disamping mempelajari nilai – nilai etika juga merupakan pengetahuan tentang batin seseran yang sesua dengan norma-norma etik .
Definsi
1.    Etika adalah tuntunan mengenai perilaku , sikap dan tindakan yang diakui sehubungan dengan suatu jenis kegiatan manusia
2.    Etika merupakan dasar-dasar modal , termasuk ilmu mengenai kebaikan dari sifat-sifat tentang hak .
Pengertian etika bisnis
Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan pelaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha .kebenara disini yang dimaksud adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat ,perusahaan dan individu .
Terdapat beberapa factor yang berpengaruh terhadap pelaku bisnis :

Factor-faktor yang mempengaruhi perilku dan bisnis

Proses penyebaran dan penyatuan usaha
Pada waktu kehidupan ekonomi masyarakat masi berupa rumahtangga tertutup yaitu dalam kehidupan msyarakat yang masi perimitif , orag masi memenuhi kebutuhanna sendiri misalnya kenbutuhan akan makan , minum , pakaian dan perumahan . halini dapat mereka lakukan dengan cara bercocok tanam dan berburu binatang .
Kemudiakeadaanbertambah baik , masing-masing keluarga sudah merasakan kelebihan barang sehingga , merekaberpikir menukarka n dengan barang/jasa milik keluarga lain atau sering disebut dengan cara barter . dengan semakin majunya keadaan ekonomi pada waktu itu , pertukarn dengan cara barter tidak lagi dilakukan , tetapi pertukaran dilakukan dengan menggunakan alat bayar berupa uang .
Mereka pada sat itu mulai berpendapat bahwa lebih menguntungkan apabila terdapat pembagian kerja menurut jenis kebutuhan.di dalam satu keluargaa bisa membatasi diri pada produksi beberapa macam barang saja . bentuk ini disebut spesialisasi atau penyebaran secara hoisontal . selain itu pertukaran dapat dilakukan denan cara   pembuatan beraneka macam jenis produk yang berasal dari satu macam bahan dasar yang disebut dengan deverensiasi atau penyebaran secara vertical . masing-masing produk melalui beberapa tahap  /tingkatan pekerjaan dan tingkatan tahap itu akan dilakukan oleh perusahaan yang berbeda

Proses penyebaran secara vertical dan horizontal
Selain proses penyebaran (dispersi) terdapat pula proses penyatuan (konsentra ) dimana masing-masing kegiatan secara keseluruhan merupakan satu kesatuan .apabila konsentrasi ini dilakukan secara horisontal disebut paralelisasi . seringkali perusahaan membuat beberapa macam produk  maka tingkat pekerjaan suatu barang yang sebelumnya dilakukan oleh perusahaan , kemudian sekarang dikerjakan /disatukan dalam satu perusahaan disebut integrasi atau penyatuan secara vertical .
Perbedaan antara disperse dan konsentrasi menunjukkan fisiknya .

karakteristik    dispersi        Konsentrasi
Spesialisasi
(hirisontal)    Diverensasi
(vertical)    Paralelisasi
(horizontal)    Integrasi
(vertical)

Produk tipe kegiatan perusahaan yang mengerjakan    Tidak sama semacam tidak sama    Sama berlainan tidak sama    Bermacam semacam sama    Sama campuran sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s