EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

Perubahan pada prinsipnya merupakan peluang bagi usaha kecil . berbagi perubahan dalam  lingkungan dunia usaha , turut menunjng dan menyuburkan usaha kecil diantranya :
•    Perubahan perhatian pada lingkungan yang menginisiasi arus perubahan orientasi berproduksi pada “green label”menginisiasi banyak industry di berbagai bidang industry yang mengemukakan produk ramah lingkungan dan “back tu nature”
•    Adanya world wide web(internet)menginisiasi peribahan perubahan tentang bagaimana produk ditawarkan dan dikomerialisasi .transformasi dari pasar dalam makna fisik tempat berubah menjadi pasar dalam makna fisik ruang . kemudahan komersial ini mendorong usaha-usaha keciluntuk tumbuh karena komersialisasi produk bukan lagi menjadi hal yang rumit
•    Internet sendiri menawarkan banyak wirausaha melalui ual beli onlnedan bisnis dotcom . dengan keberadaan internet factor pembatas wirausaha hanyalah kreatifitas individual .internet pula yang memungkinkan terjadinya usaha bussines to business , sebuah usaha perantara yang menghubungkansuatu bisnis dengan bisnis lainnya .
•    Perubahan cara pandang tentang masa depan  mengemukakan pentingnya kemampuan  berinovasi , fleksibelitas , dan respon yang cepat . hal ini merupakan tipikal ang dimiliki hanya oleh usaha kecil berkembang makin pesat .

KEWIRAUSAHAAN DAN PERTUMBUKAN EKONOMI
Audretsch dan Keilbach (2005) menempatkan enterprenuership capital (modal kewirausahaan)sebagai variable independen yang menjelaskankinerja ekonomi regional .modal persamaan yang dibangun adalah model persamaan tunggal dengan jumlah persamaan dan diestimasi oleh three stage least square(3sls)error correction . persamaan pertama adalah kinerja ekonomi regional (variable indogen) sebagai fungsi dari cadangan modal , tenaga kerja , insentitas ,R &D dan modal kewirausahaan, sedangkan persamaan dua menjelaskan tingkat modal kewirausahaan modal regional sebagai fungsi dari kinerja ekonomi regional dan variable eksogen lain pembentuk modal kewirausahaan , seperti tingkat teknologi , pajak , populasi , dan munculnya usaha-usaha baru .

MEMULAI WIRAUSAHA
Banyak hal yang melatar belakangi seseorang berwirausaha , motifasi untuk berwirausaha dapat berupa dorongan maupun daya tarik yang muncul dari kegiatan wirausaha. Ide merupakan hal utama yang menginisasi wirausaha. Ide didasari oleh peluang yang tampak dimata wirausahawan.

Sumber ide sangat seragam diantaranya adalah :

•    Kreatifitas yang didasari pemahaman mengenai industry atau profesi  tertentu
•    Peluang pasar yang tampak
•    Proses pemikiran dan diskusi
•    Meniru ide orang lain serta ,
•    Pengembangan hobi dan kegemaran memandan ide sebagai sebuah upaya dalam meraih peluang , maka pada dasarnya sumber ide wirausaha adalah berasal dari sumber peluang yang dapat diraih .
BENTUK AWAL LEMBAGA WIRAUSAHA
Pada awalnya wirausaha akan dibatasi oleh bentuk usaha . karena usahaini pada prinsipnya adalah usaha yang dimulaidandioperasikan secara independe , maka wirausaha mempunyaiketerbatasandalam memilih bentuk usahanya .bentuk usaha sangat tergantung atas structural capital dansumber pembiayaanwirusaha serta kemungknan fleksibelitasnya dalam mencapai tujuan memenuhi dan meraih peluang  yang ada . beberapa type /bentuk awalwirausaha yangdapat digunakan sebagai alternative adalah :
•    Life_style firm
•    Foundation company
•    High _ powered venture
•    Tahap kelahiran
•    Tahap  penetrasi
•    Tahap pematangan
LANGKAH-LANGKAH MEMULAI WIRAUSAHA
•    Merumuskan ide
•    Merumuskan dan menganalisa peluang
•    Menentukan limitasi dan batas jauh kemuka
•    Menentukan pengalihan
USAHA KECIL DAN ENTREPRENUERSHIP
Usaha kecil memegang peranan penting dalam perekonomian .banyakdefinisi yang menyatakan bahwa usaha kecil , dan mencoba menggambarkan struktur usaha kecil sebagai bagian dari perekonomian .beberapa definisi menyatakan bahwa usaha kecil adalah kegiatan usaha yang :
–    Memiliki tenaga kerja hingga 500 orang
–    Dimiliki dan dioperasikan secara independen
–    Didirikan dengan
•    Memulaiusaha baru
•    Membeli usaha yang telah berjalan
•    Membeli dan mengoperaisikan wirabala

PERANAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PEMBANGUNAN EKONOMI SUATU NEGARA DAN BAGI PEMBANGUNAN INDONESIA

Kewirausahaan memiliki  peranan penting dengan kemampuan  untuk menciptakan dan menyediakan produk yang bernilai tambah (value added)memulai keberanian mengambil resiko , kreatifitas dan inovasi serta kemampuan manajement untuk mencaridan membaca peluang . wirausahawan dikelpmpokkan menjadi dua :
I.    Kelompok wirausahawan atas dasar  merespon peluang
II.    Kelompok wirausahawan yang didasarkan atas kebutuhan untuk hidup

Dalam membangun ekonomi suatu Negara wirausahawan mempunyai peranan penting . global enteprenuershiip monitor(GEM) menemukan bukti bahwa hubunan antara  kewirausahaan dan pembangunan ekonomi mampu mendirikansuatunegara sejahtera karena unggul dalam kualitas dalam mengorganisasikan sumber daya yang diperlukan dalam menciptakan nilai tambah . GEM  Indonesia diposisikan dengankondisi jumlah wirausaha yang besar tapi dengan pendapatan yang tergplong kecil .

KELOMPOK  I

Ilmu ekonomi dan manajemen
1. Ilmu Ekonomi Positif
Hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Merupakan ilmu yang melibatkan diri dalam masalah “apakah yang terjadi”. Oleh karena itu ilmu ekonomi netral terhadap nilai – nilai. Artinya, ilmu ekonomi positif atau bebas nilai, hanya menjelaskan ‘apakah harga itu’ dan ‘apakah yang terjadi jika harga itu naik atau turun’ bukan ‘apakah harga itu adil atau tidak’
2. Ilmu ekonomi normatif
Membahas pertimbangan – pertimbangan nilai etika. Ilmu ekonomi normatif beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri dalam mencari jawaban atas masalah “apakah yang seharusnya terjadi”.
Ilmu ekonomi sebagai bagian dari ilmu sosial, tentu berkaitan dengan bidang disiplin akademis ilmu sosial lainnya, seperti ilmu politik, sosiologi, psikologi, antropologi, sejarah, geografi dll. Sebagai disiplin yang mengkaji tentang aspek ekonomi dan tingkah laku manusia, juga berarti mengkajiperistiwa – peristiwa ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat.
Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa tujuan ilmu ekonomi adalah untuk mencari pengertian tentang hubungan peristiwaekonomi, baik berupa hubungan kausal maupun fungsional dan untuk dapat menguasai masalah – masalah ekonomi yang di hadapi oleh masyarakat.
Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.
•    Ekomi Mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk;
1) mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
2) mencapai kepuasan yang maksimum.
•    Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah
1) sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan
2) pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.

B. kewirausahaan
Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan
Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
•    Percaya diri
•    Berorientasikan tugas dan hasil
•    Pengambil risiko
•    Kepemimpinan
•    Keorisinilan
•    Berorientasi ke masa depan
•    Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
•    Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
•    Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik ddan memiliki inisiatif.
•    Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
•    Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
•    Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
•    Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
•    Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

C.   Sumber daya
Sumber daya adalah sumber kekuatan atau tenaga yang dapat digunakan oleh manusia untuk mencapai apa yang diinginkan.sumber daya dapat dibagi kedalam :
1.    Keridahaan Allah
Tidak terlepas dari penampilan manusia itu sendiri yaitu adanya niat,gagasan,seleksi,program,ikhtiar,do’a dan tawakkal.
2.    Sumber daya alam
Sumber daya alam adalah sumber daya yang ada pada segala makhluk yang diciptakan oleh tuhan yang Maha Esa,kecuali sumber daya yang terdapat pada makhluk manusia.jenis-jenis sumber daya alam : tanah,udara,laut,angkasa luar,cahaya surya.
3.    Sumber daya manusia
Merupakan salah satu dari sumber daya alam karena manusia adalah sebagian dari alam semesta.sumber daya manusia dapat dibedakan kedalam tiga kategori :
a.    Sumber daya manusia yang bersifat individu
b.    Sumber daya dari hasil kerja kelompok manusia
c.    Aturan –aturan yang dibuat oleh manusia.

KELOMPOK  II

A.    DEFINISI KEWIRAUSAHAAN
Istilah kewirausahaan kata dasarnye berasal dari terjemahan entrepreneur yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan arti between taker atau go-between. Pada pertengahan istilah entrepeneur digunakan untuk menggambarkan seorang aktor sebagai orang yang memimpin proyek produksi. Secara lengkap wirausaha dinyatakan oleh Joseph Schumpeter sebagai orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yangbaru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru atau pun yang telah ada. Dalam definisi tersebut ditekankan bahwa wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. Sedangkan proses kewirausahaan adalah meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi. Istilah wirausaha dan wiraswasta sering digunakan secara bersamaan, walaupun memiliki substansi yang agak berbeda.
Wirausahawan atau Entrepreneurship adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Kegiatan Wirausaha dapat dilakukan seorang diri atau berkelompok. Seorang Wirausahawan dalam pikirannya selalu berusaha mencari,memanfaatkan peluang usaha yang dpt memberi keuntungan. \

PETER F.DRUCKER (Kasmir;17)
Kewirausahaan merupakan kemampuan dlm menciptakan sesuatu yg baru dan berbeda ; Orang yg memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yg baru,berbeda dari yg lain atau mampu menciptakan sesuatu yg berbeda dgn yg sudah ada sebelumnya.

ZIMMERER (kasmir ; 17)
Kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dlm memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan / usaha. Untuk menciptakan sesuatu diperlukan suatu kretivitas dan jiwa inovator yg tinggi.Seorang yg memiliki kreativitas dan jiwa inovator tentu berfikir untuk mencari dan menciptakan peluang yg baru agar lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan :Kewirausahaan
    Suatu kemampuan dalm hal menciptakan kegiatan usaha;
    Kemampuan menciptakan memerlukan adanya kreativitas dan inovasi yg terus menerus untuk menemukan sesuatu yg berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.
    Kreativitas dan inovasi tersebut pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat banyak.
    Seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan yang kreatif dan inovatif dalam menemukan dan menciptakan berbagai ide. Setiap pikiran dan langkah wirausahawan adalah Bisnis.
B.    CIRI-CIRI, SIFAT KEWIRAUSAHAAN DAN APLIKASINYA DI DUNIA USAHA
Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
•    Percaya diri
•    Berorientasikan tugas dan hasil
•    Pengambil risiko
•    Kepemimpinan
•    Keorisinilan
•    Berorientasi ke masa depan
•    Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
•    Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
•    Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik ddan memiliki inisiatif.
•    Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
•    Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
•    Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
•    Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
•    Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
Sikap Wirausaha
Dari daftar ciri dan sifat watak seorang wirausahawan di atas, dapat kita identifikasi sikap seorang wirausahawan yang dapat diangkat dari kegiatannya sehari-hari, sebagai berikut.
•    Disiplin
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Arti dari kata disiplin itu sendiri adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya. Ketepatan yang dimaksud bersifat menyeluruh, yaitu ketepatan terhadap waktu, kualitas pekerjaan, sistem kerja dan sebagainya. Ketepatan terhadap waktu, dapat dibina dalam diri seseorang dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Sifat sering menunda pekerjaan dengan berbagai macam alasan, adalah kendala yang dapat menghambat seorang wirausahawan meraih keberhasilan. Kedisiplinan terhadap komitmen akan kualitas pekerjaan dapat dibina dengan ketaatan wirausahawan akan komitmen tersebut. Hal tersebut akan dapat tercapai jika wirausahawan memiliki kedisiplinan yang tinggi terhadap sistem kerja yang telah ditetapkan. Ketaatan wirausahawan akan kesepakatan-kesepakatan yang dibuatnya adalah contoh dari kedisiplinan akan kualitas pekerjaan dan sistem kerja.
•    Komitmen Tinggi
Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki komitmen yang jelas, terarah dan bersifat progresif (berorientasi pada kemajuan). Komitmen terhadap dirinya sendiri dapat dibuat dengan identifikasi cita-cita, harapan dan target-target yang direncanakan dalam hidupnya. Sedangkan contoh komitmen wirausahawan terhadap orang lain terutama konsumennya adalah pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan konsumen, kualitas produk yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan, penyelesaian bagi masalah konsumen, dan sebagainya. Seorang wirausahawan yang teguh menjaga komitmennya terhadap konsumen, akan memiliki nama baik di mata konsumen yang akhirnya wirausahawan tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen, dengan dampak pembelian terus meningkat sehingga pada akhirnya tercapai target perusahaan yaitu memperoleh laba yang diharapkan.
•    Jujur
Kejujuran merupakan landasan moral yang kadang-kadang dilupakan oleh seorang wirausahawan. Kejujuran dalam berperilaku bersifat kompleks. Kejujuran mengenai karakteristik produk (barang dan jasa) yang ditawarkan, kejujuran mengenai promosi yang dilakukan, kejujuran mengenai pelayanan purnajual yang dijanjikan dan kejujuran mengenai segala kegiatan yang terkait dengan penjualan produk yang dilakukan oleh wirausahawan.
•    Kreatif dan Inovatif
Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar. Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu. Justru seringkali ide-ide jenius yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil.
•    Mandiri
Seseorang dikatakan “mandiri” apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak, termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain. Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Pada prinsipnya seorang wirausahawan harus memiliki sikap mandiri dalam memenuhi kegiatan usahanya.

One thought on “EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s